Monday, 21 February 2022

Mempersiapkan Tambak Udang Untuk Panen Maksimal

 

4 Persiapan Tambak Udang



Budidaya udang untuk meraup cuan yang banyak pasti tidak lepas dari tambak yang baik dan memenuhi standar. Oleh karena itu perlu melakukan persiapan pada tambak yang akan digunakan untuk berbudidaya udang, ada 4 cara dalam mempersiapkan tambak yang baik untuk membudidayakan udang agar pertumbuhan udang dapat maksimal, sebagai berikut :

1.     Pengeringan Tambak

Cara awal dalam mempersiapkan tambak udang adalah dengan mengeringkan terlebih dahulu tambak. Pengeringan tambak ini berfungsi untuk bakteri bakteri berbahaya yang terdapat pada tambak.

 

Biarkan tambak dalam kondisi kering semala kurang lebih 3 hari untuk memastikan bakteri yang ada didalam tambak sudah mati.

 

2.     Pembajakan Tambak

Setelah tambak sudah kering, selanjutnya dapat dilakukan kegiatan membajak tanah. Dengan membajak tanah maka akan dapat mengangkat lumpur dan menghilangkan bau busuk serta bisa untuk membersihkan tambak dari sampah sampah yang tenggelam didasar tambak.

 

3.     Mengembalikan kadar pH pada Tanah

Tingkat keasaman pada air dapat mempengaruhi pertumbuhan udang, bahkan pada tingkat keasaman tertentu dapat menyebabkan kematian pada udang.

 

Dalam membudidayakan udang, memerlukan ideal tingkat keasaman 7.5 hingga 8.5 pH. Pada tingkat 7.5 hingga 8.5 udang akan mencapai pertumbuhan yang cukup baik bahkan bisa dibilang pertumbuhan maksimal.

 

Namun pada umumnya, tambak memilki tingkat keasaman dibawah 7 pH, untuk memastikan tingkat pH air dalam tambak dapat menggunakan alat untuk mengukur pH atau pH meter.

 

Setelah mengetahui nilai pH pada air tambak gunakan dolomite atau kapur pertanian untuk menetralkan pH pada air.

 

Dosis dolomite atau kapur tanah :

·        pH < 4 – gunakan kapur sebanyak 500 – 1000kg/ha.

·        pH 5 - 6 – gunakan kapur sebanyak 250 – 500kg/ha.

·        pH 6 - 6++  – gunakan kapur sebanyak 100 – 250kg/ha.

Cara pengapuran pada tambak udang dapat dilakukan dengan mencampurkan kapur/dolomite secara merata, kemudian taburkan pada tambak dan diamkan selama 2 – 3 hari.

4.     Persiapan Tambak

Setelah pH pada tanah sudah normal, langkah selanjutnya adalah :

 

1.     Pemberian kарur pertanian (CаCO₃) 100 – 300 Kg/Ha, kарur tоhоr [Cа(OH)₂] 50 -100 Kg/Hа dаn Dolomit [CаMg(CO)₃] ѕеbаnуаk 200 – 300 Kg/Ha. 

2.     Pеmuрukаn оrgаnіс dеngаn рuрuk kаndаng dаn penyemprotan GDM Blасk BOS dоѕіѕ 5 Kg/Ha secara mеrаtа. 

3.     Pеmuрukаn Urea 10 m- 20 Kg/Hа, SP 36 ѕеbаnуаk 5 – 10 Kg/Ha. 

4.     Pеmbеrіаn ѕароnіn 10 – 12 ррm dаn dіаmkаn 2 – 3 hari untuk memberantas hama реnуаkіt уаng аdа dі kolam 

5.     Pеngіѕіаn аіr secara bertahap dan арlіkаѕі Suрlеmеn Orgаnіk Cаіr GDM Sреѕіаlіѕ Tаmbаk 6 lіtеr/Hа. 

6.     Penumbuhan рlаnktоn sebagai раkаn аlаmі benur/udang dеngаn арlіkаѕі rutin Suplemen Organik Cаіr GDM Sреѕіаlіѕ Tаmbаk 6 liter/Ha ѕеmіnggu ѕеkаlі.

7.     Penumbuhan рlаnktоn sebagai раkаn аlаmі benur/udang dеngаn арlіkаѕі rutin Suplemen Organik Cаіr GDM Sреѕіаlіѕ Tаmbаk 6 liter/Ha ѕеmіnggu ѕеkаlі. 

 

Sekian tips untuk mempersiapkan tambak untuk berbudidaya udang, semoga dapat bermanfaat.

Jika ada kesalahan saya mohon maaf dan bisa tambahkan koreksi pada kolom komentar.

No comments:
Write Comments

Cara Memelihara

Senang Berbagi & Semoga Bermanfaat