Monday, 21 February 2022

Budidaya Ikan Lele Mudah Cocok Untuk Pemula

 

Budidaya Ikan Lele Cocok Untuk Pemula





Ikan lele adalah salah satu ikan faforit yang disukai banyak orang dengan berbagai alasan masing – masing mulai dari mudah ditemukan sampai rasa daging yang enak dan tidak terlalu banyak duri. ikan lele adalah ikan yang mudah untuk bertahan hidup, meskipun dengan kondisi air yang keruh. Oleh karena itu lele banyak dibudidayakan di banyak daerah,karena selain enak untuk dikonsumsi ikan lele juga bernilai ekonomi bagi para peternak besar, Tidak jarang juga ikan lele yang dipelihara dalam jumlah kecil di kolam halaman rumah.

 

Berikut beberapa keuntungan Berbudidaya Ikan Lele.

·       Budidaya ikan lele bukanlah bisnis bisnis baru melainkan bisnis yang mapan dan bercuan serta disukai banyak orang.

·       Budidaya ikan lele sangat mudah dan sederhana, bahkan pemula pun juga dapat memeliharanya.

·        Jika Anda memiliki kolam kecil, tangki atau sumber air lainnya, Anda juga dapat memelihara beberapa ikan lele di dalamnya

·       Permintaan ikan lele dipasar juga sangan baik. Dan harga jualnya juga bagus.

·       Pemasaran ikan lele juga tidak perlu dikhawatirkan, karena ikan lele sudah memiliki pasar yang mapan.

·      Tidak perlu mengeluarkan banyak uang untuk memulai bisnis ini. Anda bahkan dapat memulai bisnis ini dengan sumber air yang kecil.

 

·       Ini adalah bisnis yang menguntungkan, sehingga Anda dapat memulai produksi komersial.

·      Produksi ikan lele komersial dapat menjadi sumber lapangan kerja yang sangat baik, terutama bagi masyarakat berpendidikan yang menganggur.

 

·      Lele adalah ikan bergizi dan sumber protein yang baik. Dan Anda dapat menikmati ikan lele yang segar jika Anda menanamnya sendiri

 

Cara Mudah Budidaya Ikan Lele

Memulai bisnis produksi ikan lele berskala kecil atau komersial sangatlah mudah dan sederhana, bahkan para pemula juga bisa menjalankannya.

Meski demikian adapun beberapa langkan untuk memulai bisnis budidaya ikan ini. Berikut beberapa langkah langkah unruk budidaya ikan lele :

1.    Pemilihan Kolam Untuk Budidaya Ikan Lele

Pemilihan kolam sangat penting untuk memulai berbudidaya ikan lele agar mencapai sukses dengan maksimal. Beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam memilih kolam.

·         Pastikan lokasi kolam terbebas dari banjir.

·         Tepian kolam diusahakan kuat dan bebas dari segala jenis jilatan dan lubang. Semua ikan dapat keluar dari kolam jika terdapat lubang dibagian pinggir kolam.

·         Kedalaman kolam tidak sampai 4 kaki disaat musim penghujan.

·         Buat kolam diarea terbuka yang langsung terkena sinar matahari.

 

2.    Pengelolaan Kolam

Ikan lele dapat dibudidayakan pada kolam yang baru maupun yang sudah lama. Namun akan lebih baik jika membudidayakan ikan lele pada kolam yang sudah berumur. Jika memang harus menggunakan kolam yang baru maka harus mengolahnya terlebih dahulu seperti pengapuran kolam pemupukan dll.

 

Fungsi pemupukan dan pengapuran sendiri adalah agar kolam menjadi lebih subur dan membunuh bakteri jahar yang terdapat didasar kolam. Dengan begitu ikan akan mendapatkan pertumbuhan yang maksimal.

 

Jika memungkinkan tutup komal dengan jaring pada saat pertama kali menebar benih ikan, agar predator seperi ular katak dll tidak masuk kedalam kolam.

 

Untuk kolam baru isi kolam dengan air dan biarkan selama 2 sampai 3 hari untuk menetralkan air dalam kolam, kemudian tebarkan benih setelahnya.

 

3.    Benih Ikan

Setelah menyelesaikan persiapan kolam maka selanjutnya adalah penebaran benih ikan. Pilih benuh ikan yang berkualitas baik atau tingi dari tempat penetasan. Banya tempat penetasan benih ikan lele yang memiliki kualitas tinggi, bebas penyakit dan sangat produktif.

 

Berikan obat anti jamur kedalam kolam setelah 2 sampai 3 hari penebaran bibit ikan. Dengan memberikan anti jamur akan menjadikan ikan kecil terbebas dari banyak jenis penyakit.

 

4.       Kepadatan Benih Ikan

Anda dapan mengunakan kolam untuk membudidayakan ikan lele saja, tapi anda juga dapan menggabungkan ikan lele dengan jenus ikan lainnya seperti ikan gurame. Jika membudidayakan ikan lele digabung dengan ikan jenis lain maka perhatikan kepadatan ikan dan mungkin akan ideal dengan takaran 2500 sampai 3000 bibit per hektar. Jika hanya ikan lele saja jumlah bibit bisa ditambahkan.

Menggabungkan ikan lele dengan ikan patin, ikan nila dll, dapat memelihara sebanyak 4000 – 5000 ikan lele per hektar.

 

Menggabungkan ikan lele dengan ikan mas juga memiliki keuntungan seperti, mengurangi jumlah gas anomia dari kolam dan memastikan lingkungan ikan sehat.

 

5.       Manajemen Pakan

Manajemen pakan juga penting untuk memaksimalkan pertumbuhan. Berikan pakan sebanyak 20% dari berat ikan yang ditebar pada kolam setiap harinya selama 10 hari pertama. Kemudian setelah 10 hari pertama bisa anda kurangi menjadi 12 – 15 persen. Setelah ikan mencapai umur sekitar 1 bulan beri makan sekitar 5% sehari sesuai berat ikan.

 

Untuk mengukur berat rata – rata ikan lele, ukur berat total 10 ekor dan bagi berat total dengan 10. Misal berat total adalah 2kg, bagi dengan 10, jadi berat rata – rata satu ikan 200g.

 

Ukur berat badan ikan dalam periode tertentu dan beri makan dua kali sehari. Selalu beri makan yang cukup sesuai dengan umur dan berat badan ikan. Juka memberi pakan kurang atau tidak cukup per harinya maka pertumbuhan ikan tidak akan maksimal.

 

Dan jika terlalu bayak memberikan makan, maka makanan sisa akan mencemari ait dan biaya makan yang besar.

 

6.       Memanen Ikan Lele

Memanen ikan lele jika memungkinkan lakukan dimalam hari, karena jika dilakukan pada siang hari atau saat cuaca  yang cerah akan menurunkan kualitas ikan dan akan mengurangi harga di pasar.

 

7.       Panghasilan

Rata – rata yang didapatkan jika disertai dengan perawatan harian dan pengelolaan yang tepat adalah berkisar 4 ton dalam waktu kurang lebih 10 bulan.

 

8.       Pemasaran

Untu emasaran ikan lele bisa dibilang sangat mudah, karena ikan lele memiliki pasar yang mapan, bahkan ikan lele dapat dengan mudah dijual di pasar lokal.

 

Ikan lele memiliki permintaan pasar dan harga yang tinggi di pasar, hampir semua orang menyukai sajian olahan ikan lele. Budidaya ikan lele juga merupakan cara yang bisa dibilang cocok untuk mendapatkan penghasilan tambahan seiring dengan pekerjaan utama, dan juga menjadi sumber yang bagus untuk memenuhi kebutuhan nutrisi keluarga.

 

Sekian Tentang Budidaya Ikan Lele, semoga dapat bermanfaat.

No comments:
Write Comments

Cara Memelihara

Senang Berbagi & Semoga Bermanfaat